Novel Baswedan dan Aksinya Mempertahankan Surat Geledah KPK di Kantor Korlantas




WWW.HOTSBLACK.COM - Jakarta Pembicaraan seputar persoalan hukum di tanah air selama tiga hari terakhir merujuk ke satu nama: Novel Baswedan. Perwira berpangkat komisaris yang bertugas di KPK ini dituduh melakukan penganiayaan berat.

Pimpinan KPK pasang badan untuknya. Selama ini, di jajaran penindakan KPK, Novel memang dinilai berani dan ngotot mempertahankan apa yang dia anggap benar. Keberanian Novel itu salah satunya ditunjukkan dalam penggeledahan KPK di Kantor Korlantas akhir Juli silam.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan detikcom, Novel menjadi satu dari 21 penyidik yang berada dalam delapan mobil yang meluncur keluar garasi gedung KPK, menembus kemacetan khas Jakarta di sore hari, Senin 30 Juli 2012. Rombongan langsung menuju ke kantor Korlantas di Jl MT Haryono, Jakarta Timur.

Rombongan ini mengemban misi berat. Mereka akan masuk ke 'kandang macan', untuk melakukan penggeledahan, mengambil dokumen yang mereka perlukan terkait perkara korupsi pengadaan driving simulator di Korlantas Polri yang baru berumur empat hari menjejak tahap penyidikan.

Sampai di Kantor Korlantas Polri di Jl MT Haryono sekitar pukul 16.00 WIB, segalanya masih sesuai rencana. Berbekal surat penggeledahan yang dilampiri surat izin dari pengadilan, tim disambut ramah oleh petugas Korlantas.

Bahkan petugas setempat dengan murah hati menunjukkan ruangan-ruangan yang ada di lantai dasar gedung itu. Suasana semakin mendukung lantaran hampir semua ruang sudah dalam keadaan sepi.

Situasi seketika berubah ketika 16 orang dari Bareskrim Polri yang dipimpin langsung oleh Kabareskrim Komjen Pol Sutarman datang ke lokasi. Sutarman langsung menuju ke lantai tiga, sementara para perwira Bareskrim berpangkat Kombes seketika masuk ke lantai dasar, tempat penggeledahan dilakukan.

Salah seorang perwira Bareskrim saat itu juga meminta penggeledahan dihentikan. Alasannya, ada dokumen-dokumen di lantai dasar yang juga akan digunakan untuk Bareskrim yang juga menyelidiki pengadaan driving simulator tahun anggaran 2004, namun pada bagian lain dalam proyek itu.

Mendapat gertakan dari Trunojoyo -- lokasi kantor Bareskrim Mabes Polri-- penyidik KPK 'melawan'. Salah seorang ketua satgas berpangkat kombes maju ke depan dan terlibat adu argumen dengan perwira dari Bareskrim. "Novel juga maju ke depan berdebat dengan seniornya yang berpangkat komisaris besar," ujar seorang penegak hukum.

Novel dkk bersikukuh untuk dapat membawa pulang dokumen penggeledahan itu. Apalagi kasus yang tengah diusut KPK sudah masuk di tahap penyidikan dengan menelurkan tersangka mantan Kepala Korlantas Polri Irjen Djoko Susilo, sedangkan Bareskrim baru pada level penyelidikan. Negosiasi antara perwira menengah ini menemui jalan buntu.

Sadar menemui jalan terjal, penyidik KPK akhirnya mengirimkan sinyal darurat ke Kuningan. Pada saat itu para pimpinan KPK sudah beranjak pulang. Mendapat emergency call, Ketua KPK Abraham Samad, Wakil Ketua Busyro Muqoddas, dan Wakil Ketua Bambang Widjojanto yang sudah sampai di rumahnya balik kanan, meluncur ke Kuningan.

Tak lama berdikusi di kantor KPK, tiga komisioner ini yang ditemani Direktur Penuntutan sekaligus Plt Direktur Penyidikan Warih Sardono serta jajaran petinggi lain langsung meluncur ke MT Haryono. Begitu tiba di lokasi, sekitar pukul 23.30 WIB rombongan KPK ini langsung menuju ke lantai tiga menemui Komjen Sutarman yang sudah ada di sana. Perundingan kini dilakukan di level elite. Dan singkat kata barang hasil penggeledahan itu berhasil dibawa ke KPK.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, mengakui bahwa Novel merupakan salah satu penyidik yang menangani kasus Simulator SIM di Korlantas. Bahkan, Novel pulalah yang memeriksa Irjen Djoko Susilo, tersangka kasus Simulator SIM ini pada hari Jumat 5 Oktober 2012. "Dia salah satu yang memeriksa DS," ujar Bambang.

Djoko Susilo diperiksa selama 8 jam. Pulang dari KPK, sebagaimana saat tiba, Djoko memasang wajah tanpa senyum. Tak lama setelah Djoko pergi, anggota Provost dan perwira Polda Bengkulu mendatangi KPK dengan berbekal surat penangkapan terhadap Novel Baswedan.

Gelombang protes masyarakat antikorupsi yang tak henti akhirnya "memaksa" Presiden SBY menunjuk Mensesneg Sudi Silalahi untuk menanggapi kisruh tersebut Minggu (7/10) sore nanti di Istana Negara.
WWW.HOTSBLACK.COM

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources