Berapa besarnya kesombongan manusia bumi dalam semesta ini?


Berapa besarnya kesombongan manusia bumi dalam semesta ini?

Salam sodara/iku, lewat artikel ini saya ingin mengingatkan untuk sebisa mungkin menghilangkan ego, kesombongan kita masing-masing. Semoga bisa meningkatkan kesadaran kita.
Berikut adalah gambar-gambar perbandingan ukuran Bumi dengan beberapa bagian jagat raya ini.
Gambar berikut menunjukan besar Bumi dibandingkan dengan planet-planet yang ukurannya lebih kecil, yaitu : Venus, Mars, Mercury dan Pluto.

Lalu kita lihat gambar di bawah ini. Ini Bumi jika dibandingkan dengan planet-planet yang lebih besar, ada Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Selanjutnya… Perhatikan Bumi apabila dibandingkan dengan Matahari.

Next… Apabila dibandingkan dengan Arcturus, Matahari saja sudah terlihat sangat kecil, apalagi Bumi.

Sampai sini…

Dengan perbandingan diatas tadi, setidaknya kita menjadi sadar betapa kecilnya Bumi, apalagi kita sebagai penghuninya. Terbayang jelas jagat raya yang sangat besar pada gambar skala-skala diatas. Bumi kita tidak kelihatan lagi di sini , bahkan matahari hanya sebesar debu.
Antares adalah bintang ke-15 yang paling terang di angkasa. Sebenarnya masih banyak yang lebih besar lagi dari Antares, tapi belum ada bukti dan bahkan satelit Huble tercanggihpun belum bisa memotretnya.
Sodaraku… untuk kesekian kalinya saya mengingatkan bahwa Tuhan tidak hanya menciptakan ras manusia bumi di alam semesta yang sangat luas ini. Gambar di atas adalah satu lagi bukti kecil. Kita semua sudah melihat begitu kecilnya Bumi jika dibandingkan planet/bintang diatas. Apakah Tuhan kita menciptakan planet/bintang sebanyak & sebesar itu hanya jadi ruang kosong? Ataukah Tuhan ingin menunggu manusia bumi untuk sampai disitu lalu menempatinya? Sodara/iku… Tuhan kita Maha Bijaksana, Dia tak akan memboroskan energi yang besar, untuk menciptakan jagat raya ini hanya untuk satu ras manusia bumi dan sisanya dibiarkan kosong begitu saja. Apalagi harus menunggu manusia bumi untuk bisa menjangkau lalu menempatinya. Umur bumi kita setidaknya sudah 5 milyar tahun, selama itu bahkan untuk menjelajah angkasa raya ini saja manusia bumi belum mampu.
Apakah karena selama ini kita berpikir bahwa Tuhan hanya menciptakan manusia bumi sebagai satu-satunya ras paling sempurna di semesta membuat kita menganggap cara hidup kita sudah paling baik, menganggap sudah mengerti apa itu spiritualitas sesungguhnya, sehingga tak perlu lagi meningkatkan kesadaran lebih tinggi? Dari sisi teknologi maupun spiritual peradaban manusia bumi jauh tertinggal dibandingkan dengan peradaban ras manusia di bintang lain. Semesta ini adalah tempat kita belajar sodaraku… saat kita menemukan bahwa kita hanyalah bagian kecil dari satu kesatuan yang lebih besar, maka kita perlu meningkatkan kesadaran kita, keluar dari kotak-kotak yang membelenggu. Marilah kita sama-sama belajar sebisa mungkin menghilangkan ego, kesombongan kita.
Artikel ini diambil dari blog teman baik saya
berapa-besarnya-kesombongan-manusia.

(kedamaian dalam kebijaksanaan)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources