7 Cara Membantu Si Kecil Dalam Mengerjakan PR



hotsblack.com - Banyak cara yang dapat dilakukan para orang tua agar bisa lebih banyak menghabiskan waktu dengan anak di rumah, salah satunya dengan membantunya mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Namun, tak sedikit orang tua yang memiliki waktu lebih untuk menemani anak-anaknya mengerjakan tugas sekolah. Lebih dari itu, banyak orang tua yang merasa tak pandai mengajari anak saat belajar. Cobalah intip tujuh tips seperti yang dikutip dari All Women Stalk ini, agar bisa membantu si kecil untuk mengerjakan PR.

 

1. Area Belajar
Anak-anak menyukai ruangan yang penuh warna dan bermacam-macam alat tulis. Sediakanlah satu ruangan khusus untuk belajar. Siapkan pula alat tulis yang menunjang, seperti pensil, penggaris, spidol, pensil warna, dan semacamnya. Tata sedemikian rupa, dan buatlah senyaman mungkin. Lengkapi dengan pencahayaan dan pendingin ruangan yang cukup. Jangan lupa tata meja dan kursi sesuai dengan tinggi badannya.

 

2. Mengatur Jadwal
Agar mengerjakan PR lebih menyenangkan, atur jadwal kapan ia harus fokus belajar dan kapan harus mengerjakan PR. Lakukan secara konsisten. Beberapa orang tua menerapkan waktu mengerjakan PR saat anak mereka datang dari sekolah, sebagian keluarga lain menerapkannya sehabis makan malam. Atur waktu mengerjakan PR dengan menyenangkan, Anda bisa membantunya mengerjakan tugas sekolah sembari mencicipi biskuit atau makanan ringan lainnya.

 

3. Jauhkan dari Gangguan
Tidak hanya orang tua yang perlu ketenangan saat belajar, anak-anak pun demikian. Jauhkan anak Anda dari segala bentuk gangguan yang bisa mengacaukan fokusnya, seperti TV, suara telepon yang terus berdering, suara radio, dan sebagainya.

 

4. Perhatikan Informasi
Tetaplah berusaha menjadi orang tua yang up date terhadap segala informasi tentang pendidikan Anak. Catatlah kapan ia akan mengikuti ujian sekolah, pergi les, dan pelajaran apa saja yang diikutinya. Pastikan Anda selalu menanyakan tugas yang dimilikinya. Semakin banyak Anda mengetahui jadwal sekolahnya, semakin banyak Anda mengetahui perkembangan si anak. Jika ia cukup besar, mintalah ia untuk belajar bicara dan menjelaskan tentang kegiatan sekolahnya kepada Anda.

 

5. Jangan Kerjakan PR Mereka
Tahap paling penting dari mengajari anak adalah jangan kerjakan PR mereka. Biarkan mereka melakukannya sendiri. Dengan begitu Anda telah mengajarinya untuk melihat masalah dan mencari jalan keluarnya. Jika mereka meminta bantuan Anda, beri tahulah sebagaimana mestinya. Mengerjakan PR bukanlah cara terbaik untuk membantunya, tetapi justru tidak mengajarinya apa pun.

 

6. Berikan Pujian
Cara lain untuk membantunya adalah mendorong si anak untuk merasa berhasil atas pekerjaan yang telah dilakukannya sendiri. Bagaimana caranya? Berikanlah pujian. Dengan pujian, anak akan merasa bertanggung jawab atas tugas sekolah yang dimilikinya tanpa harus meminta bantuan kepada Anda. Di samping itu, ia akan merasa senang mengerjakan tugas lainnya. Selain pujian, Anda juga bisa memberinya hadiah berupa jalan-jalan atau pergi ke rumah nenek.
 


7. Cari Bantuan
Jika Anda masih merasa kesulitan untuk membantu si buah hati mengerjakan tugas sekolahnya, carilah bantuan. Hubungi pihak sekolah atau mintalah pengajar untuk membantunya mengerjakan PR. Lakukanlah yang terbaik untuk anak dan pendidikannya.
www.hotsblack.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources